Selasa, 16 Maret 2010

MENGAGUNGKAN SUNNAH

DEFINISI SUNNAH
Definisi sunnah menurut syara'/istilah, para ulama berbeda dalam memberikan pengertian. Ulama ushul mengatakan sunnah adalah sebuah tuntutan hanya saja tidak sampai ke derajat wajib. Sedangkan menurut ulama fiqih, sunnah adalah suatu perkara yg apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan bila ditinggalkan tidak mendapat siksa. Namun yg dimaksud dgn definisi sunnah menurut syara/istilah dalam masalah ini ialah sebagaimana yg dituturkan oleh ulama muhadditsin (ahli hadits) bahwa SUNNAH ADALAH SESUATU YG DISANDARKAN KEPADA ROSULULLAH SAW, DAN SAHABATNYA RA, BAIK BERUPA PERKATAAN, PERBUATAN, PENETAPAN, MAUPUN BERUPA SIFAT.

PENTINGNYA SUNNAH DALAM ISLAM
Imam yg sempurna didalam diri seorang muslim bukan hanya sekedar beriman kepada Alloh saja, namun perlu adanya imam kepada rosulullah saw, dgn menjalankan apa yg beliau perintahkan dan meninggalkan segala larangan beliau, semua itu adalah wujud pelaksanaan sunnah beliau dan pengagungan terhadap risalah yg beliau emban. Oleh karenanya, segala bentuk pertentangan dan penyelisihan terhadap sunnahnya dapat membatalkan keimanan dan keislaman seseorang. Alloh swt berfirman: "Dan barangsiapa yg menentang rosul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yg bukan jalan orang orang mu'min, kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yg telah dikuasainya itu, dan kami masukkan ia ke dalam jahanam, dan jahanam itu seburuk buruknya tempat kembali."(QS. An nisa:115)

PERINTAH ALLOH UNTUK MENGAGUNGKAN DAN MENJAGA SUNNAH ROSULULLAH SAW
1. Alloh berfirman "Dan tidak patut bagi laki laki yg mu'min dan tidak pula bagi perempuan yg mu'min, apabila Alloh dan Rosul Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada lagi mereka pilihan yg lain tentang urusan mereka. Dan barangsiapa yg mendurhaki Alloh dan Rosul Nya maka sungguh ia telah sesat, sesat yg nyata."(QS. Al ahzab:36)
2. "Sesungguhnya telah ada pada diri Rosulullah itu suri teladan yg baik bagimu yaitu bagi orang yg mengharap rahmat Alloh dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Alloh"(QS. al Ahzab:21)
3. "...Apa yg diberikan Rosul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yg dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah, dan bertakwalah kepada Alloh. Sesungguhnya Alloh sangat keras hukuma Nya."(QS. al Hasyr:7)
4. "Katakanlah: 'jika km benar benar mencintai Alloh, ikutilah aku (rosulullah), niscaya Alloh mengasihi dan mengampuni dosa dosamu. Alloh maha pengampun lagi maha penyayang."(QS. Ali imron:31)
5. "Katakanlah: 'Taatlah kepada Alloh dan taatlah kepada rosul, dan jika km berpaling maka sesungguhnya kewajiban rosul itu adalah apa yg dibebankan kepadanya, dan kewajiban km sekalian adalah semata mata apa yg dibebankan kepadamu, dan jika km taat kepadanya, niscaya km mendapat petunjuk. Dan tidak lain kewajiban rosul itu melainkan menyampaikan amat Alloh dgn terang"(QS. an Nur:54)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar