Minggu, 14 Maret 2010

BERWUDHU SESUAI SUNNAH

Wudhu adalah suatu masalah yg sangat penting didalam ajaran islam lantaran dia merupakan syarat sahnya sholat. Alloh enggan untuk menerima sholat seorang hamba selagi dia belum bersuci atau berwudhu terlebih dahulu ketika akan memulai sholatnya. Di samping itu, bila seorang berwudhu kemudian tidak sempurna wudhunya atau tidak mengikuti tatacara wudhu Nabi saw maka sholatnya diragukan keabsahannya. Bahkan Rosulullah saw mengancam dgn api neraka terhadap orang yg tidak mencuci kakinya dgn sempurna.

DALIL DISYARIATKANNYA WUDHU

Alloh berfirman: "Hai orang orang beriman, apabila km hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dgn siku, dan sapulah kepalamu dan basuh kakimu sampai dgn kedua mata kaki...(QSGAL maidah:6)
Rosulullah bersabda: "Alloh tidak menerima sholat orang yg tidak bersuci."(HR. Muslim:224)

KEUTAMAAN DAN KEISTIMEWAAN WUDHU

Sesungguhnya wudhu itu memiliki beberapa keutamaan dan keistimewaan, diantaranya:
1. Merupakan bagian dari iman, sebagaimana sabda Rosulullah saw:"Bersuci itu sebagian dari imam."(HR. Muslim:223)
2. Sebab diampuni dan terhapusnya dosa dosa.
Berdasarkan sabda Rosulullah saw:"Barangsiapa yg berwudhu lalu ia sempurnakan wudhunya, niscaya akan keluar dosa dosanya dari tubuhnya, sampai keluar dosa dosa dari bawah kuku kuku jarinya."(HR. Muslim:245). Dan juga sabda beliau saw:"Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini, niscaya akan diampuni dosa dosanya yg telah lalu. Dan perjalanannya menuju masjid serta sholatnya adalah sebagai tambahan pahala baginya."(HR. Muslim:229)
3. Akan mendapatkan surga
Rosulullah bersabda:"Barangsiapa berwudhu kemudian ia sempurnakan wudhunya, kemudian sholat dua rakaat yg ia hadapkan hati dan wajahnya kepada Alloh, maka pasti ia akan mendapatkan surga."(HR. Muslim:234, Nasai:151)

SIFAT WUDHU NABI SAW

1. Niat. Sebagaimana sabda nabi saw:"sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung pada niat, dan setiap orang akan mendapatkan balasan menurut apa yg diniatkannya."(HR.Bukhori:6689, Muslim:4927)
Dan niat itu tempatnya di hati bukan di lisan. Seorang yg hendak berwudhu maka cukup baginya untuk berniat didalam hatinya tanpa harus mengucapkannya dgn lisan. Inilah yg dicontohkan oleh nabi saw dan para sahabatnya saw.
2. Tasmiyah (membaca bismillah)
ini merupakan perkara wajib yg tidak boleh ditinggalkan . Sabda Rosulullah saw:"Tidak ada wudhu bagi orang yg tidak menyebut nama Alloh padanya."
beliau saw juga bersabda: " berwudhulah kalian dgn membaca bismillah."
3. Mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali.
Sebagaimana hadits yg bersumber dari Aus bin abi aus dari kakeknya, ia berkata "Aku melihat Rosulullah saw berwudhu, lalu beliau membasuh kedua telapak tangannya tiga kali."
4. Berkumur kumur sambil menghirup air ke hidung dan mengeluarkannya kembali, sebanyak tiga kali. Berkumur kumur dan menghirup air ke hidung ini dilakukan secara bersamaan dgn menggunakan satu telapak tangan kanan. Adapun mengeluarkannya dilakukan dgn tangan kiri. Hal tersebut berdasarkan hadits yg bersumber dari abdu khoir, ia berkata "kami pernah duduk memperhatikan Ali ra yg sedang berwudhu, lalu ia memasukkan tangan kanannya yg penuh dgn air ke mulutnya berkumur kumur sekaligus menghirup air ke dalam hidungnya, serta menghembuskan/menyemburkannya dgn tangan kiri. Hal ini dilakukan sebanyak tiga kali, kemudian dia (Ali) berkata: "barangsiapa yg senang melihat bersucinya Rosulullah, maka inilah cara bersucinya."
5. Membasuh muka sebanyak tiga kali dan menyela nyelai jenggot
Diriwayatkan dari Humron bin Aban, bahwa Utsman ra minta air wudhu, lalu ia berwudhu seperti wudhu Rosulullah saw ia(Humron) berkata "... Kemudian beliau (Turman) membasuh mukanya sebanyak tiga kali."
6. Membasuh kedua tangan sampai dgn siku sebanyak tiga kali dan menyela nyelai jari jemari.
Rosulullah bersabda "apabila km berwudhu maka selailah jari jemari tangan dan kakimu."
7. Mengusap kepala sekali beserta kedua telinga.
Sebab Rosulullah saw bersabda "kedua telinga itu termasuk kepala". Adapun cara mengusap kepala dan telinga, sahabat abdullah bin Zaid ra meriwayatkan bahwa Rosulullah saw mengusap kepalanya dgn dua tangan, lalu beliau menjalankan kedua tangannya ke belakang dan mengembalikannya, yaitu beliau mulai dgn bagian depan kepalanya. Kemudian menjalankan kedua tangannya ke tengkuknya, lalu mengembalikan kedua tangannya tadi ke tempat dimana beliau memulai.(HR. Bukhori:185, muslim:235)
8. Membasuh kaki beserta kedua mata kaki sambil menyela nyelai jari jari kaki. Alloh swt berfirman "Dan basuhlah kaki kakimu hingga dua mata kaki."(QS. Al maidah:6)
9. Berdoa. Dari umar bin Khoththob ra, dia berkata "Rosulullah saw bersabda, barangsiapa berwudhu dan membahuskan wudhunya, kemudian membaca doa:
ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOHU WAHDAHU LAA SYARIIKALAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHU WA ROSUULUH ALLOHUMAJ 'ALNIY MINAT TAWWAABIINA WAJ 'ALNIY MINAL MUTATHOHHIRIIN
maka akan dibukakan untuknya delapan pintu surga, ia boleh masuk dari pintu yg ia kehendaki."(HR. Muslim:234)


[ABU HARITS AS-SIDAWI]
dari buletin al furqon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar