Minggu, 14 Maret 2010

ADAB MAKAN DAN MINUM

Alloh menurunkan al quran untuk umat manusia. Di dalamnya terdapat mutiara mutiara kebaikan yg tak ternilai harganya. Dia juga telah mengutus Rosulullah Muhammad saw sebagai figur suri teladan yg baik dalam merealisasikan perintah dan larangan Nya. Seorang muslim atau muslimah yg sejati tidak hanya mengerjakan ibadah mahdhoh saja. Ia harus pula mewujudkan adab dan prilaku keseharian yg baik, sesuai al quran dan as sunnah, di antaranya adab ketika makan dan minum sebagai salah satu syiar islam.
Berikut ini adab adab makan dan minum disertai dalil dari hadits hadits Rosulullah saw:
1. Tidak menggunakan bejana yg terbuat dari emas dan perak.
Rosulullah saw berbada "Dan janganlah kalian minum pada tempat yg terbuat dari emas dan perak dan janganlah kalian makan pada tempat keduanya."(HR. Bukhori)
2. Tidak makan sambil berandar atau menelungkup.
Hal ini berdasarkan hadits yg diriwayatkan oleh abu Juhaifah ra " Dahulu ketika aku bersama Nabi saw, beliau bersabda kepada seorang lelaki yg berada di sisinya: Tidaklah aku makan dalam keadaan bersandar"(HR. Bukhori). Larangan makan dalam posisi menelungkup berdasarkan hadits ibnu umar ra "Rosulullah saw telah melarang seorang yg makan sedangkan ia dalam keadaan menelungkup di atas wajahnya."(HR. Abu dawud)
3. Mendahulukan makan daripada sholat ketika makanan telah dihidangkan.
Berdasarkan hadits anas ra, bahwasannya Rosulullah saw berabada "apabila makan malam telah dihidangkan dan sholat telah ditegakkan, dahulukanlah makan malam."(HR. Bukhori)
hal ini diperkuat oleh hadits Ummu Muminin Aisyah ra, bahwasannya Rosulullah saw bersabda "Tidak ada sholat dgn dihidangkannya makanan serta menahan berak dan kencing."(HR. Muslim)
4. Tasmiyah (Membaca bismillah) ketika hendak makan dan minum.
Berdasarkan hadits Aisyah ra secara marfu' bahwa Rosulullah saw bersabda "Apabila salah seorang di antara kalian ingin makan, hendaknya membaca bismillah, dan apabila ia lupa pada awalnya maka hendaknya membaca BISMILLAHI AWWALUHU WA AKHIROHU. (HR. Abu dawud)
5. Menggunakan tangan kanan.
Rosulullah bersabda "Apabila salah seorang diantara kalian ingin makan makanlah dgn tangan kanan, dan apabila ingin minum maka minumlah dgn tangan kanan, karena sesungguhnya setan makan dgn tangan kiri dan minum dgn tangan kiri."(HR. Muslim)
6. Mengambil makanan yg terdekat.
Sebagaimana Rosulullah saw bersabda "Makanlah dari yg terdekat."(HR. Bukhori). Imam ibnu abdil Bar ra berkata "jika dalam meja hidangan terdapat beraneka ragam makanan, tidak mengapa mengambil makanan yg terjauh sesuai seleranya. Adapun sabda nabi saw, makanlah yg terdekat maksudnya jika makanan itu satu macam saja.".
7. Mengambil makanan yg terjatuh.
Dari jabir ra, bahwasannya Rosulullah saw bersabda "apabila makanan salah seorang di antara kalian terjatuh, hendaklah ia mengambilnya kemudian bersihkanlah kotoran yg ada pada makanan tersebut lalu makanlah, dan janganlah ia meninggalkan untuk setan."(HR. Muslim)
8. Makan dgn menggunakan tiga jari.
9. Menhindari makanan yg masih panas.
Abu huroiroh ra meriwayatkan bahwasannya Rosulullah saw bersabda "janganlah memakan makanan kecuali hingga hilang panasnya."(HR. Baihaqi)
10. Tidak mencela makanan.
Berdasarkan sebuah hadits dari abu huroiroh ra ia berkata "Tidaklah Rosulullah saw mencela makanan. Jika berselera pada sesuatu maka beliau memakannya, jika tidak suka maka beliau tidak memakannya."(HR. Bukhori)
11. Makan dgn berjamaah.
Sebagaimana Rosulullah saw berbada "berjamaahlah kalian ketika makan kemudian bacalah Bismillah, niscaya keberkahan akan turun kepada kalian."(HR. Abu dawud).
12. Membaca doa setelah makan.

MUKHLIS ABU DZAR AL-BATAWI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar