Senin, 15 Maret 2010

ANJURAN BERSIWAK/GOSOK GIGI

PENGERTIAN SIWAK
Siwak diambil dari kata 'saaka' yg bermakna menggosok. Sedangkan menurut istilah, siwak adalah menggunakan potongan kayu guna membersihkan kotoran kotoran yg melekat pada gigi.

WAKTU-WAKTU DISUNNAHKANNYA BERSIWAK

1. Ketika berwudhu
Berdasarkan hadits abu Huroiroh ra, bahwasannya Rosulullah saw bersabda: "Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan perintahkan untuk bersiwak ketika hendak berwudhu."(HR. Ahmad)
2. Ketika hendak melakukan sholat.
Berdasarkan hadits abu huroiroh ra bahwasannya Rosulullah saw berabada "Seandainya tidak memberatkan umatku sungguh aku akan perintahkan mereka untuk bersiwak pada tiap waktu sholat."(HR. Bukhori)
3. Ketika membaca al quran.
Berdasarkan hadits ali ra, dia berkata: "Rosulullah memerintahkan kepada kami untuk bersiwak. Kemudian dia (ali ra) berkata: Rosulullah saw pernah bersabda: "Sesungguhnya seorang hamba apabila ia bersiwak kemudian dia sholat, maka malaikat akan ikut sholat di belakangnya. Lalu mendengarkan bacaan al qurannya dan mendekatinya sampai seakan akan ia meletakkan mulutnya di atas mulut seorang tersebut. Maka tidaklah keluar dari mulut seorang hamba sedikitpun berupa bacaan al quran kecuali akan tercium oleh malaikat. Maka bersihkanlah mulut mulut kalian ketika membaca al quran."(HR. Al bazzar)
4. Ketika masuk rumah
Berdasarkan hadits Miqdad bin syuraikh dari ayahnya, dia berkata: saya bertanya kepada aisyah ra, Dengan apakah Rosulullah saw memulai ketika memasuki rumah ? Aisyah ra menjawab, Beliau memulai dgn bersiwak."(HR.Abu dawud)
5. Ketika melakukan sholat tahajjud
Berdasarkan hadits Huzaifah ra dia berkata: "Rosulullah saw ketika bangun sholat malam beliau menggosok mulutnya dgn siwak."(HR. Bukhori)
6. Ketika bangun tidur
Berdasarkan hadits Aisyah dia berkata: "Rosulullah saw tidak tidur diwaktu malam ataupun siang lalu beliau bangun kecuali beliau bersiwak sebelum berwudhu."(HR. Abu dawud)

DENGAN APA BERSIWAK ?

Disunnahkan bagi seorang muslim atau muslimah untuk bersiwak dengan menggunakan kayu pohon arok (pohon yg biasa dibuat siwak yg tumbuh di daerah bersuhu panas, biasanya terdapat di padang pasir. Namun jika hal itu tidak dijumpai maka boleh pula menggunakan selainnya (pohon arok) asalkan dapat membersihkan mulut dan gigi, sepeti menggunakan silat dan pasta gigi, dan semisalnya."

FAEDAH BERSIWAK
Para ulama kita banyak menyebutkan faedah faedah bersiwak. Di antaranya, membersihkan mulut, memperoleh ridho Alloh, memutihkan gigi, mengharumkan bau mulut, menguatkan gusi, memperlambat tumbuhnya uban, mencerdaskan, memperoleh pahala berlipat ganda, dan masih banyak lagi faedah siwak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar