Kamis, 01 April 2010

PERPECAHAN UMAT DAN SOLUSINYA

ANJURAN UNTUK MERAJUT PERSATUAN
Sungguh telah datang dari Alloh ayat ayat al Quran yg memerintahkan kepada kaum muslimin dan menganjurkan mereka supaya senantiasa bersatu diatas kebenaran dan mengokohkan sendi sendi Islam dgn merajut persatuan yg hakiki diatas al Quran dan as Sunnah, bukan bersatu diatas kebatilan. Firman Alloh swt: "Dan berpeganglah km semuanya kepada tali (agama) Alloh, dan janganlah km bercerai berai dan ingatlah akan nikmat Alloh kepadamu ketika km dahulu (masa jahiliyah) bermusuh musuhan, maka Alloh mempersatukan hatimu, lalu menjadikan km karena nikmat Alloh orang orang yg bersaudara, dan km telah berada di tepi jurang neraka, lalu Alloh menyelamatkan Km daripadanya."(QS. Ali imron:103)

ALLOH MENCELA PERPECAHAN
Kehadiran Islam di jagad raya ini telah menghantarkan penghuninya menuju persaudaraan yg hakiki, khususnya bagi mereka yg memeluk agama Islam. Islam memerintahkan untuk bersatu diatas akidah dan manhaj yg sesuai dgn syariatnya dan tidak keluar dari aturannya. Tak lepas dari itu, Islam pun mengingkari, mencela, serta mengecam keras perselisihan dan cerai berai, karena hal itu dapat menimbulkan permusuhan dan memecah belah umat. Cukuplah beberapa firman Alloh, sabda Rosululloh saw, serta perkataan para ulama yg menjelaskan tentang celaan terhadap perselisihan dan perpecahan sesudah datang keterangan yg jelas dari al Quran dan as Sunnah. Firman Alloh: "Dan janganlah km menyerupai orang orang yg bercerai berai dan perselisihan sesudah datang keterangan yg jelas kepada mereka. Mereka itulah yg mendapat siksa yg berat."(QS. Ali imron:10). Sabda Rosululloh saw: "Barangsiapa yg memisahkan diri dari jamaah (walaupun) sejengkal saja, maka sungguh ia telah melepaskan tali Islam dari Lehernya."(HR. Ahmad:5/180).

SEBAB-SEBAB TERJADINYA PERPECAHAN KAUM MUSLIMIN
1. Melakukan perkara baru dalam Islam.
Melakukan perkara baru dalam Islam merupakan sebab yg paling dominan terjadinya perpecahan umat. Tidaklah umat islam ini akan bersatu sementara diantara mereka masih ada yg melakukan perkara baru dalam Islam yg tidak ada tuntunannya dari Rosululloh saw, karena hal ini sangat menyelisihi ayat ayat al Quran dan as Sunnah.

2. Kejahilan (Kebodohan) Tentang Syariat Islam.

3. Mengikuti Hawa Nafsu Belaka.

4. Lebih Mendahulukan Akal Daripada Al Quran.

5. Taklid Buta dan Fanatik Golongan.

SOLUSI MENGHADAPI PERPECAHAN DAN KIAT MERAJUT PERSATUAN
1. Meluruskan Aqidah dan Kembali Kepada Aqidah Salafush Sholih.
2. Berhukum Dengan Al Quran Dan as Sunnah.
3. Ikhlas dan senantiasa Ittiba' (Mengikuti) Sunnah Rosululloh saw.
4. Menuntut Ilmu Syar'i.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar