Rabu, 21 April 2010

BAHAYA ROKOK

Dari sisi kesehatan, bahaya rokok tidak dapat dibantah lagi. Terbukti 70 ribu artikel ilmiah menyatakan hal ini. Bahaya rokok telah terbukti dgn kenyataan dan penelitian secara medis, diantara bukti itu:

1. Ada berbagai racun berbahaya yg terdapat dalam rokok, yg sangat berbahaya, diantaranya:
-TAR, yaitu timbunan kotoran pekat yg dapat menyumbat dan mengiritasi paru paru dan pernafasan, menyebabkan penyakit bronchitis kronis, emphysema, kanker paru paru, dan kanker kandung kemih.
-NIKOTIN, adalah suatu zat pecandu yg mempengaruhi sistem saraf, mempercepat detak jantung, doa menambah risiko penyakit jantung. Racun ini biasa digunakan sebagai bahan pembasmi serangga.
-KARBONMONOKSIDA(gas CO). Racun ini meresap kedalam aliran darah, mengurangi kemampuan sel sel darah merah membawa oksigen ke sukuruh tubuh, dan mempengaruhi sistem peredaran darah.

2. Perokok mempunyai peluang dua kali lipat meninggal dunia karena serangan jantung koroner daripada yg tidak merokok.

3. Rokok mengakibatkan kematian yg sangat besar, dan risiko perokok mengidap penyakit kanker paru paru/TBC lebih besar 15 kali lipat daripada yg tidak merokok.

4. Data kesehatan dunia WHO menunjukan bahwa sekitar 346.000 nyawa melayang sia sia setiap tahun pada suatu wilayah tertentu disebabkan rokok, sebagaimana dikatakan 55.000 nyawa di Inggris, dan 8.000 nyawa di Swedia mati sia sia setiap tahun karena rokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar